Dia tak mau mendengarkan perasaanmu dan tak mau melihat suatu permasalahan dari sudut pandangmu. Seringkali dia juga bertindak manipulatif. Jika kamu tidak menuruti keinginannya, maka dia akan marah dan merasa dirinya itu selalu benar.

  1. Bertindak Menghakimi dan Tidak Pernah Minta Maaf

Orang ini akan memastikan bahwa kamu mengetahui kesalahan itu dan mengakuinya, setelah itu mereka akan menghakimi dan merendahkan harga dirimu.

Namun pada saat penghakimannya terbukti salah, dia tetap bersikukuh untuk tidak meminta maaf. Bahkan ketika dia meminta maaf, pasti dia berbohong dengan sejuta alasan.

  1. Negative Person

Jika kamu bertemu dengan orang ini, pada saat kamu lagi senangpun pasti energinya langsung berubah menjadi negative.

Karena pada dasarnya ia akan selalu membahas hal-hal negative atau mencari-cari kesalahan tentang hal apa yang membuatmu senang. Ia selalu membahas kehidupan negative orang lain dan bertanya pendapatmu agar kamu juga ikut berpikir negative.

  1. Emotional Abuse

Ini merupakan tanda-tanda toxic people yang paling parah. Kamu harus segera keluar untuk menghindari orang yang memiliki perilaku seperti ini.

Orang yang memiliki perilaku ini cenderung sering bersikap frontal seperti; suka memakai nada tinggi, sering mengkritik dengan pedas hingga kamu merasa insecure atau bahan merasa bukan siapa-siapa.

Namun tak jarang juga ia sering memakai cara halus dengan mengintimidasi dan melakukan silent treatment. Si emotional abuser ini suka membuat orang lain merasa insecure, padahal dia sendiri juga sedang mengalaminya. Jadi dia menyalurkan apa yang dia rasakan kepada orang lain yang menurutnya lebih lemah darinya.

Freepik
Ananditha Nursyifa
Editor