Prolite – Waspada benjolan pada payudara ! Setiap wanita pasti akan panik ketika mengetahui ada benjolan di payudaranya.

Jangan dulu panik benjolan tersebut tidak selalu kanker payudara. Meski isu waspada kanker kian meningkat namun anda pelu mengenali bentuk benjolan tersebut.

alodokter.com

Ada 4 jenis benjolan pada payudara yang tidak banyak wanita ketahui, Berikut penjelasannya!

  1. Fibroadenoma

Jenis ini adalah salah satu jenis tumor jinak yang cukup sering dialami wanita. Ciri-ciri benjolan pada payudara akibat fibroadenoma ini adalah bisa digerakkan atau berpindah.

Ketika ditekan, benjolan akan terasa padat, berbentuk bulat atau oval, dan kenyal. Benjolan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit jika ditekan.

Benjolan fibroadenoma juga biasanya dapat membesar secara lambat, dan ukurannya bisa menjadi sangat besar (giant fibroadenoma). Tumor jinak ini tidak akan berkembang menjadi kanker.

  1. Fibrosis

Fibrosis pada payudara adalah semacam jaringan yang mirip dengan jaringan luka, dan disebut juga kelainan fibrokistik. Jika dilakukan pemeriksaan secara mandiri fibrosis pada payudara biasanya akan terasa kenyal, padat, dan keras.

Rizki Oktaviani
Editor