Jahe memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, seperti protein, lemak, vitamin C, kalsium, zat besi hingga kalsium. Jahe juga mengandung zat antioksidan yang bisa mengurangi kadar enzim pemicu peradangan. Oleh karena itu, jahe bisa membantu meredakan kondisi peradangan pada tubuh yang disertai rasa nyeri saat timbul kram menstruasi.

  1. Ketumbar
halodoc.com

Kandungan stimulan alami dalam ketumbar berfungsi untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat. Dengan mengonsumsi 6 biji ketumbar yang direbus dalam setengah liter air dan ditambah dengan satu sendok teh gula ini juga dapat mengatasi gangguan menstruasi yang tidak teratur.

  1. Cengkeh
hellosehat.com

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah serbaguna yang memiliki sensasi manis dan aroma harum yang sangat khas. Kandungan cengkeh yang bisa menjadi bahan detox rahim memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi organ hati. Salain itu juga dapat membatu sebagai anti stress dan meredakan nyeri sendi.

  1. Kayu manis
idea.grid.id

Kayu manis mengandung cinnzelanol, benzoate, benzyl, dan felandren. Kangdungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesuburan pada wanita karena, menangani fibroid rahim, PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik), meningkatkan penurunan berat badan dan membantu mengatur aliran menstruasi yang normal.

  1. Madu
Dok.Shutterstock
Ananditha Nursyifa
Editor