Komponen ini mampu melindungi pengendara dan penumpang yang duduk di kursi belakang dari cipratan air dan kotoran. Saat berkendara di musim hujan, genangan air yang dilewati biasanya menyebabkan cipratan air dan kotoran terbawa ke arah bagian atas sepeda motor.

Fungsi spakbor adalah untuk menahan cipratan tersebut, sehingga air dan kotoran dapat terkendali dan tidak mengotori tubuh pengendara dan penumpang sepeda motor. Semakin luas spakbor, semakin optimal fungsinya dalam membuat pengendaraan menjadi lebih aman dan nyaman.

2. Melindungi Area Mesin

Selain itu, juga berfungsi untuk menahan cipratan air dan kotoran yang bisa mencapai bagian mesin sepeda motor dan ini dinamakan inner fender. Ada juga komponen lain seperti mudguard atau karet pelindung mesin throttle body yang memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan perlindungan komponen mesin.

Selain itu, ada juga fungsi lain dari spakbor depan yang sangat krusial, terutama pada sepeda motor jenis sport yang dilengkapi dengan radiator. Jika komponen tersebut tertutup oleh lumpur dan kotoran, kinerja pendinginan mesin dapat terganggu.

3. Menghindari dari Pelanggaran Lalu Lintas

Melepas spakbor sepeda motor dapat menjadi salah satu pelanggaran lalu lintas. Dengan mencopot, berarti juga melepas plat nomor kendaraan.

Rizki Oktaviani
Editor