Terutama kalo lagi panas-panasan, atau lagi traveling ke tempat yang panas, atau lagi olahraga yang berat, kamu perlu minum lebih banyak air dari biasanya biar nggak kekurangan cairan.

2. Pantau Tekanan Darah dan Gula Darah

Cr. shutterstock

Yuk, rajin-rajin cek tekanan darah dan kadar gula darahmu. Selain buat tahu gimana keadaan tubuhmu, ini juga bantu banget buat menjaga kesehatan ginjal kamu dan bisa beraksi dengan oke!

Jadi, jangan malas buat pantau tekanan dan gula darah ya, biar kamu tetep fit dan nggak ada masalah sama ginjalmu.

3. Pola Makan yang Seimbang

Cr. telemed.ihc.id

Kalo kita pengen ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik, salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang seimbang.

Gimana caranya? Nah, coba deh makan makanan yang kaya akan serat kayak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Ini bakal bantu ginjalmu bekerja lebih oke lagi.

Selain itu, coba juga kurangi makanan yang punya banyak garam dan gula, serta hindari makanan berlemak berlebihan.

Lebih baik pilih makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya, sayuran hijau dan buah-buahan, yang penuh dengan nutrisi baik buat ginjalmu.

Salmon juga jadi pilihan asyik, bro! Ikan berlemak ini kaya akan omega-3 yang bikin ginjal kita bahagia. Jadi, jangan ragu buat masukin salmon ke menu makananmu.

4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Cr. shutterstock

Coba deh kamu berusaha berhenti merokok sama sekali. Gak ada untungnya merokok, malah bisa bikin kesehatan ginjal kamu terganggu.

Dan kalo soal minum alkohol, bro dan sist semua (iya, termasuk kamu, ladies!), disarankan buat nggak minum lebih dari 14 unit alkohol seminggu secara reguler. Nggak boleh lebih dari itu, ya!

Kenapa? Karena minum alkohol yang berlebihan dan merokok bisa bikin tekanan darah naik. Dan, hal ini bisa jadi penyebab serius dari penyakit ginjal.

Jadi, jangan main-main sama kebiasaan ini, ya. Jagalah ginjalmu dengan menjauhi rokok dan minuman beralkohol berlebihan.

5. Jangan Mager dan Jaga Berat Badan Ideal

Cr. shutterstock
Ananditha Nursyifa
Editor