Nantinya dengan hal ini kamu bisa liat masalah dari berbagai sudut pandang dan punya kemampuan buat nemuin solusi yang kreatif. Dengan gabungin ide-ide dari berbagai disiplin ilmu, kita bisa ciptain sesuatu yang benar-benar baru dan fresh. Siapa tau, kita bisa jadi sumber inspirasi buat orang lain!

Gimana caranya jadi expert generalist?

1. Consider buat jadi generalist dulu

Gak usah terburu-buru buat nentuin bidang yang kamu fokusin, eksplor dulu aja berbagai bidang yang membuat kamu tertarik. Agar kamu bisa ambil keputusan yang bener-bener tepat. Pertimbangin mateng-mateng kamu itu ngerasa cocoknya di bidang yang mana.

2. Consider buat jadi specialist

Kalau kamu udah eksplor dan udah ada interest ke satu bidang yang memang bagus dan worth it buat kamu jalani, ditambah relevan sama kondisi kamu dan dunia, itu bisa jadi hal yang tepat untuk kamu dalami sebagai specialist. Kamu juga harus bisa mikirin dan pertimbangin untuk kedepannya, harus punya semacam plan buat ngejalanin hal itu.

3. Connecting the dots

Ketika kamu udah nguasain itu atau kamu udah jadi specialist di bidang itu, coba hubungin gagasan yang udah kamu kuasai itu dengan gagasan lain. Misalnya lukisan dengan computer itu ga ada kaitannya sama sekali, mereka di bidang yang berbeda. Tapi kalau kamu kuasai dua duanya mungkin aja kamu bisa menghubungkan keduanya dan jadilah sebuah art digital.

LinkedIn

Jangan takut untuk mencoba dan belajar hal-hal baru, karena itu adalah kunci untuk menjadi expert generalist. Jadi, meskipun fokus di satu bidang bisa memberikan keahlian yang mendalam, menjadi generalis juga memiliki kelebihan tersendiri.

Dengan memperluas minat dan keahlian kita, kita dapat meningkatkan fleksibilitas, kreativitas, dan daya saing kita. Jadilah seseorang yang terbuka untuk mencoba hal-hal baru dan mengeksplorasi berbagai bidang yang menarik minatmu! Semangat!! 🙌

Ananditha Nursyifa
Editor