Prolite – Kita sering didorong untuk jadi ahli di satu bidang aja. Katanya, kalo kita mau sukses, harus fokus dan jadi specialist. Tapi, hei, jangan terburu-buru untuk ambil jalur itu! Apa iya jadi specialist itu jaminan sukses?

Kalau kamu sekarang masih gak tau harus ngapain, ngerasa gak punya keahlian sama sekali, gak usah khawatir! Itu hal yang wajar banget dan bisa jadi bagus buat kamu eksplor lagi hal-hal menarik yang ada di dunia ini!

Kita mau ajak kalian mikir ulang nih. Emangnya ada yang salah sama jadi specialist? Enggak juga sih! Tapi, kalo terlalu fokus di satu bidang, bisa aja kita ketinggalan banyak kesempatan dan pengalaman yang seru.

Jadi, kenapa fokus di satu bidang aja gak selalu baik?

nicetomeetyou.studio

Pertama-tama, kalo terus-terusan fokus di satu hal, kita bisa aja melewatkan kesempatan buat belajar hal-hal baru. Kalo kita buka diri buat mencoba hal-hal yang beda, kita bisa berkembang dengan keterampilan yang beragam dan dapet wawasan yang lebih luas. Siapa tau, mungkin ada hal lain yang lebih cocok buat kita dan bisa bawa kita ke tingkat yang lebih tinggi?

Kedua, kadang menguasai suatu bidang bisa kasih tekanan yang berlebih buat kita, karena adanya persaingan yang cukup ketat dan juga ekspetasi yang tinggi. Itu bisa jadi nimbulin stress dan beban yang berat buat kamu pikul. Kamu bakal terus dituntut atau nuntut diri kamu sendiri untuk jadi lebih perfect.

Ananditha Nursyifa
Editor