Menurut Presiden Jokowi, para pengusaha Tiongkok telah berinvestasi dengan cepat dan tepat di Indonesia. Investasi dari Tiongkok di Indonesia diperkirakan akan meningkat drastis dalam satu atau dua tahun mendatang, terutama dengan adanya fokus Indonesia pada pengembangan industri seperti nikel, tembaga, dan timah.

Salah satu titik penting dalam hubungan kedua negara adalah pengembangan infrastruktur di Indonesia. Faktanya, saat ini Indonesia masih berupaya keras dalam mengembangkan infrastruktur dasar dan strategis di seluruh wilayah, termasuk di daerah-daerah terpencil.

Selain itu, dalam forum BRF 2023, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam proyek BRI. Kerja sama ini diharapkan akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak, tidak hanya dalam aspek ekonomi, namun juga sosial dan politik.

Ekspor Indonesia-Tiongkok Menunjukkan Peningkatan Signifikan

Devisa
Ekspor Indonesia-Tiongkok – Digination

Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa ekspor nonmigas ke Tiongkok telah meningkat sebesar 9,36% pada Agustus 2023.

Investasi dari Tiongkok di Indonesia terus meningkat. Menurut catatan, investasi dari Tiongkok pada semester pertama 2023 sudah mencapai lebih dari USD3,8 miliar.