JAKARTA, Prolite Pemerintah Indonesia telah melangkah maju dalam upaya tingkatkan keamanan dan kedaulatan ruang udaranya dengan akuisisi pesawat tempur F-15EX.

Keputusan penting ini diumumkan setelah perundingan panjang antara pemerintah Indonesia, yang diwakili oleh Kementerian Pertahanan, dan Boeing, pada akhir Agustus 2023.

Dilansir dari indonesia.go.id, penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang mengesahkan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Marsekal Madya Yusuf Jauhari, Kepala Badan Sarana Pertahanan, Kementerian Pertahanan Indonesia, dan Mark Sears, Wakil Presiden dan Manajer Program Boeing Fighters.

Penandatanganan ini berlangsung di markas Boeing di St Louis, Missouri, Amerika Serikat (AS), dan disaksikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

– Boeing

Menteri Pertahanan Prabowo menyatakan, “Kami dengan bangga mengumumkan komitmen kami untuk pengadaan pesawat tempur F-15EX yang sangat penting bagi Indonesia.”

Pesawat ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan pertahanan udara Indonesia dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ananditha Nursyifa
Editor