F-15EX adalah versi paling canggih dari keluarga pesawat tempur F-15 yang pernah dibuat, dilengkapi dengan kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronik baru, kokpit digital serba kaca, serta sistem misi dan kemampuan perangkat lunak terbaru.

Boeing, sebagai produsen pesawat ini, telah menginvestasikan keahlian selama bertahun-tahun untuk mengembangkan kemampuan F-15EX.

Kelebihan dan Kemampuan si Canggih F-15EX

Pesawat Tempur F-15EX – Boeing

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem radar canggih AN/APG-82 Raytheon Technologies, yang memungkinkan pesawat untuk mendeteksi dan melacak target akurasi tinggi.

Dilengkapi juga dengan pengacak radar lawan atau jammer radar, yang disebut Eagle Passive-Active Warning Survivability System (EPAWSS) yang dibuat oleh BAE Systems, yang dapat meningkatkan efektivitas misi dan kemampuan bertahan.

F-15EX memiliki daya angkut hingga 13.380 kg dan dapat mencapai kecepatan maksimum Mach 2,5 atau sekitar 3.017 km/jam.

Jet tempur ini dapat membawa berbagai jenis senjata, termasuk rudal udara-ke-udara, bom, dan senjata pelengkap lainnya, menjadikannya cocok untuk berbagai jenis misi, mulai dari udara, serangan darat, hingga operasi laut.

Dengan pengadaan 24 unit F-15EX senilai Rp39,47 triliun, Indonesia berkomitmen untuk modernisasi alutsista di tahun 2024.

Ananditha Nursyifa
Editor