Di era informasi saat ini, masih banyak mitos dan kesalahpahaman mengenai telur, seperti hubungannya dengan kolesterol dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, Hari Telur Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 13 Oktober menjadi kesempatan yang tepat untuk menyebarkan informasi yang benar dan berbasis ilmiah mengenai manfaat telur.

Peringatan Hari Telur Sedunia juga mengajak kita untuk mengapresiasi peternak ayam dan semua pihak yang terlibat dalam industri telur.

Mereka bekerja keras untuk memastikan kita mendapatkan akses ke telur berkualitas setiap hari.

Mengkonsumsi telur tidak hanya mendukung kesehatan kita, tetapi juga mendukung ekonomi lokal dan berkelanjutan.

Sehingga, perayaan ini mengajak kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam memahami dan menyebarluaskan pentingnya telur dalam kehidupan kita.

Fakta Menarik Tentang Telur

Potret memegang telur, keduanya memiliki warna yang berbeda  – Catherine Falls Commercial
  1. Warna Telur dan Telinga Ayam: Ternyata warna telur ditentukan oleh warna cuping telinga ayam! Jadi, warna telur tidak berkaitan dengan kesegarannya, tapi dengan ras ayamnya.
  2. Topi Koki dan Telur: Pernahkah Anda memperhatikan lipatan di topi koki? Jumlah lipatan melambangkan berapa banyak cara seorang koki bisa memasak telur. Idealnya ada 100 lipatan, yang menandakan kemampuan memasak telur dalam 100 cara berbeda.
  3. Iowa dan Produksi Telur: Di Amerika Serikat, negara bagian Iowa memimpin dalam produksi telur dengan lebih dari 14 miliar telur setiap tahunnya!
  4. Telur Matang Lebih Sehat: Meskipun ada mitos bahwa mengonsumsi telur mentah dapat membantu pembentukan otot, kenyataannya hanya sekitar 50% protein dalam telur mentah yang dapat dicerna. Setelah dimasak, tubuh dapat mencerna lebih dari 90% proteinnya.

Tips Kesegaran Telur

Apakah Anda tidak yakin tentang kesegaran telur Anda? Cara terbaik untuk menguji kesegarannya adalah dengan menjatuhkannya ke dalam gelas berisi air. Jika tenggelam, berarti telurnya segar. Jika mengapung, kemungkinan telurnya sudah tua.

Ananditha Nursyifa
Editor