Memperketat file di Google sebelumnya sudah bisa dilakukan dengan Google Drive API atau melalui persetujuan file — fitur serupa yang memungkinkan Anda, katakanlah, meminta persetujuan untuk draf yang dikunci dari pengeditan untuk semua orang, tidak peduli apakah mereka memiliki akses editor.

Perbedaan utama di sini tampaknya adalah bahwa Anda dapat mengunci file kapan saja dengan mengklik kanan padanya, pergi ke File informasi, dan memilih “Kunci”.

Banyak Fitur dan Alat Keamanan yang Terus Dikembangkan di Google Workspace

Ilustrasi Google Workspace – elitery

Google telah menambahkan banyak fitur ke Workspace, seperti Duet AI, yang membawa bantuan AI ke suite kerja kantornya (meskipun itu akan dikenakan biaya sekarang), atau fitur yang lebih biasa seperti dukungan eSignature asli.

Perusahaan telah melakukan banyak hal untuk produk produktivitasnya akhir-akhir ini karena mereka berusaha mengejar Microsoft, terutama di bidang AI.

Tetapi terkadang, fitur sederhana seperti penguncian file memberikan kepuasan paling banyak.

Lagi pula, berapa kali Anda ingin melakukan sesuatu dengan file yang Anda tahu seharusnya mungkin, bahkan mudah, namun pada tahun 2023, Anda harus melalui proses yang rumit untuk mewujudkannya?

Ananditha Nursyifa
Editor