ProliteBelakangan ini, film horor Indonesia seperti film horor terbaru ‘Primbon‘, sepertinya semakin suka memanfaatkan budaya Jawa untuk cari sensasi dan keuntungan. Hal ini bikin orang khawatir akan penghormatan budaya dan dampaknya ke warisan budaya Jawa.

Ya emang sih, film horor tuh genre yang populer banget di Indonesia. Tiap tahunnya, banyak banget film horor yang rilis dengan tema dan latar belakang yang beragam. Tapi ada masalah yang sering jadi perdebatan, yaitu soal film horor yang kadang-kadang ngerusak citra budaya Jawa.

Penggunaan Stereotip Pada Film Horor Indonesia

Cr. lifestyle.bisnis

Satu masalah utamanya, film horor Indonesia sering menggunakan stereotip dan gambaran yang kurang bener tentang budaya Jawa. Katanya sih, kalo mau bikin film horor yang pasti laku, ya pake aja budaya Jawa.

Misalnya, tokoh hantunyanya pake “asli” Jawa, judulnya dikasih kosakata Jawa, atau ada aktor pake kostum dukun Jawa. Terus kadang bikin adegan artis kesurupan, yang ngomong-ngomong pake mantra bahasa Jawa.

Eh, jangan lupa juga soundtrack-nya pake tembang Jawa. Padahal liriknya tentang cinta, tapi nggak pada tau artinya, jadi kesannya lagu mistis deh. Terus aksara Jawa juga sering muncul di mantra atau rajah gaib.

Setelah itu, tempatnya disetting di desa dengan nuansa Jawa. Dan pastinya, ada deh kembang, kemenyan, dan dupa ala Jawa sebagai properti yang selalu muncul. Pokoknya ini kayak resep jitu buat bikin film horor Indonesia yang meledak.

Buat kalian yang paham dunia perfilman, pasti udah hapal dan tau rumus-rumus di atas. Mulai dari para filmmaker, aktor, atau aktris, mereka tahu banget, cerita horor + sentuhan budaya Jawa = cuan.

Kalian tinggal ketik di Google aja “film horor Indonesia yang laris”, pasti bakal nemuin unsur Jawa-nya. Apalagi yang terang-terangan menonjolkan nuansa Jawa dari poster filmnya. Contohnya ada “Lampor”, “Lingsir Wengi”, “KKN di Desa Penari”, “Sewu Dino”, “Pesugihan”, “Jailangkung”, dan masih banyak lagi.

Penggunaan stereotip seperti itu sebenernya kurang baik dan malah jadi ngerendahin bahkan ngasih kesan kalau budaya Jawa cuma buat ngebuat adegan jadi lebih serem.

Ananditha Nursyifa
Editor