Prolite – Hai guys, balik lagi di edisi malam Jumat! Kalian pasti pernah denger istilah “doppelganger“, kan? Nah, ini dia yang jadi bahan pembicaraan para penyuka horor! Hal ini merupakan fenomena misterius yang bikin orang penasaran dari dulu sampai sekarang.

So, kita bakal jelasin apa sih arti doppelganger dari sudut ilmiah dan supranatural, serta cerita horor populer yang bikin bulu kuduk kamu merinding tentang kehadirannya! Stay connect with us!

Pengertian Secara Ilmiah

Secara ilmiah, doppelganger mengacu pada fenomena ketika seseorang melihat atau merasakan keberadaan individu lain yang identik secara fisik dengan dirinya sendiri. Istilah ini sendiri berasal dari bahasa Jerman yang berarti “pengganda” atau “muka ganda”.

Nah, dalam ilmu pengetahuan, “muka ganda” ini sering dikaitin sama kondisi medis atau psikologis yang berbeda-beda. Pada zaman modern ini, doppelganger lebih sering diartikan sebagai kembaran jauh yang bukan kerabat.

Salah satu penjelasan ilmiah tentang hal ini adalah “gangguan identitas ganda” atau “disosiasi identitas”. Ini tuh terjadi kalo orang merasa gak nyata atau kayak terputus dari identitasnya sendiri, jadi mereka bisa melihat dirinya sendiri sebagai orang lain. Bayangin deh, pasti bikin takut dan bingung banget buat yang ngalamin!

Pengertian Secara Supranatural

Doppelganger juga bisa melibatkan hal-hal yang supranatural dan mitologi. Dalam beberapa kepercayaan dan cerita rakyat Jerman, doppelganger itu dianggep sebagai makhluk supranatural yang jadi pertanda buruk atau petunjuk bahwa kematian udah dekat atau orang itu bakal alamin nasib tragis.

Beberapa Kisah Doppelganger dari Tokoh Terkenal

1. Queen Elizabeth I

Doppelganger
historic

Cerita horor tentang doppelganger seringkali dikaitin sama kejadian-kejadian yang nggak terduga dan bikin ketakutan. Misalnya aja kisah dari Queen Elizabeth I yang merupakan penguasa Inggris pada periode 1558-1603. Dia terkenal banget dengan kepribadian yang karismatik, kecerdasan, dan kewibawaannya.

Suatu hari dia ngaku ngeliat duplikat dirinya yang terbaring tak bergerak sama sekali di tempat tidurnya seperti mayat. Pengalaman itu bikin dia jadi ketakutan karena katanya pertanda kematian. Tapi ada yang bilang kalau hal itu cuman halusinasi semata karena usia lanjut yang dialami oleh Ratu Elizabeth. Namun, nyatanya dia meninggal tidak lama setelah melihat duplikat dirinya itu.

2. Abraham Lincoln

kurungbuka

Selain itu ada kisah dari Abraham Lincoln, pasti kalian udah pada kenal kan? Dia tuh presiden Amerika Serikat yang terkenal. Abraham terkenal sebagai orang yang jujur dan terbuka banget sama dunia paranormal. Nah, suatu hari dia lagi duduk di kursinya, dan kebetulan pada saat ia melirik kea rah cermin dia liat bayangan dirinya sendiri di cermin dengan dua wajah.

Bayangan yang satu itu pucat dan serem, dia kaget banget sampe berdiri dari kursinya. Tapi tiba-tiba bayangan itu hilang, tapi pas dia coba duduk lagi dan liat ke cermin, bayangan itu muncul lagi.

Ananditha Nursyifa
Editor