Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, wanita dengan BB tinggi yang meningkatkan jumlah asupan air hingga satu liter per hari menurunkan berat hingga 2 kilogram selama satu tahun tanpa melakukan perubahan lain dalam pola makan dan rutinitas olahraga mereka.

  1. Menimbang Berat Badan

Rutin menimbang badan bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian diri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rutin menimbang berat badan dikaitkan dengan penurunan BB yang lebih besar.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 47 orang menemukan bahwa mereka yang menimbang setiap hari dapat menurunkan BB hingga 6 kg lebih banyak selama enam bulan dibandingkan dengan mereka yang jarang menimbang.

Lakukan menimbang badan di pagi haru setelah buang air besar dan sebelum makan dan minum.

  1. Menjemur Diri
Halodoc

Terkena sinar matahari di pagi hari sangat bagus untuk dapat menurunkan BB anda. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan BB dan bahkan mencegah penambahan BB.

Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah atau dengan berjemur duduk di halaman rumah selama 10-15 menit setiap pagi. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa paparan cahaya tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat berdampak pada berat badan.

Rizki Oktaviani
Editor