Sementara dengki datang pada tahap kamu iri yang berkelanjutan dan dalam waktu yang cukup intens. Dimana kamu berharap orang lain itu kehilangan apa yang mereka punya tadi. Bahkan kamu akan melakukan segala cara untuk melakukan hal tersebut.

Terus Gimana Cara Buat Hilangin Perasaan Iri dan Dengki?

  1. Cari Tahu Akar Permasalahanmu

Pertama-tama, sadari bahwa perasaan iri dan dengki itu manusiawi. Tetapi, penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan perasaan ini muncul.

Kadang, perasaan itu muncul karena kita merasa nggak cukup sukses atau terlalu sering membanding-bandingkan diri sama orang lain. Nah, kalau kita udah tau masalahnya apa, baru deh kita bisa mulai atasi.

  1. Mengubah Pola Pikir

Perasaan iri dan dengki seringkali timbul karena kita terjebak dalam pemikiran yang negatif. Mulailah mengubah pola pikir dengan menghargai apa yang udah kita punya dan stop deh membanding-bandingkan diri sama orang lain.

Setiap individu memiliki perjalanan hidupnya sendiri, jadi tetaplah berfokus pada perkembangan pribadi dan mengejar tujuan yang kita inginkan.

  1. Bersyukur

Yang ini penting banget buat kita lakukan setiap hari. Rasa syukur adalah kunci untuk mengatasi perasaan iri dan dengki. Sadarilah betapa beruntungnya kita atas hal-hal yang telah kita miliki dalam hidup ini.

Luangkan waktu untuk menghargai hal-hal kecil dan berterima kasih atas pencapaian serta kebahagiaan orang lain. Dengan bersyukur, kita dapat memperkuat rasa bahagia dan mengurangi perasaan iri dan dengki.

  1. Bangun Dukungan Sosial yang Positif

Jangan keseringan ngumpul sama orang-orang yang cuma bikin kompetitif dan iri-irian. Berpalinglah kepada orang-orang yang mendukungmu dan begitu pun sebaliknya.

Kita butuh lingkungan yang positif, di mana semua orang saling dukung dan tumbuh bersama. Jalinlah hubungan dengan orang-orang yang saling menginspirasi dan saling mendukung.

  1. Fokus pada Kemajuan Pribadi

Jadikan kemajuan pribadi sebagai tujuan utama dalam hidupmu. Jangan terlalu sibuk ngurusin orang lain, tapi sibuklah mengurus diri sendiri. Alihkan energi negatif yang sebelumnya digunakan untuk merasa iri kepada orang lain menjadi motivasi untuk berkembang.

Ananditha Nursyifa
Editor