“Kesadaran akan pentingnya sadar lalu lintas dan mengutamakan keselamatan bagi pengguna jalan merupakan suatu keadaan terpenuhinya persyaratan. Agar setiap orang terhindar dari risiko kecelakaan selama berada pada ruang lalu lintas yang disebabkan oleh manusia, alat angkut moda transportasi dan lingkungan,” kata Yunimar.

Ia menerangkan, ​banyak faktor yang menjadi tolak ukur terciptanya transportasi yang berkeselamatan dan merupakan tanggung jawab seluruh komponen pengguna jalan itu sendiri.

Baca Juga : Wiwiek: Guru PAUD Berperan Penting Pembentukan Karakter

“Peran pemerintah tentunya menjadi hal yang paling penting selain menjamin tersediannya sarana dan prasarana transportasi yang selamat, aman, tertib, lancar, dan efisien, serta dapat dipertanggung jawabkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Salud Nasional, Tri Susila Hidayati menyampaikan, Salud bertujuan untuk menanamkan perilaku berkeselamatan dan sadar lalu lintas pada anak usia dini dalam berlalu lintas.

“Ini juga memberikan keterampilan dasar tentang tata cara berlalu lintas yang berkeselamatan sejak usia dini. Sehingga dapat tertanam kuat hingga dewasa,” tuturnya.