Satu hal penting dalam mengendalikan kebiasaan boros adalah tentuin batas pengeluaran atau budgeting. Kalo kamu belom terbiasa budgeting, bisa mulai dari sini nih. Tetapkan batas maksimal pengeluaran yang boleh kamu pakai.

Prioritaskan budget yang udah kamu siapin buat kebutuhan pokok dan kebutuhan mendesak. Setelah itu terpenuhi, baru deh kamu bisa alokasikan buat self reward kamu. Ingat, jangan sampai ngabisin semua duit buat beli-beli yang enggak penting ya, tetep ada batasnya.

3. Buat Bucket List dan Prioritaskan

canva.com

Tulis semua yang kamu pengen punya. Mulai dari yang terpenting sampe yang gak penting, kamu harus bisa memprioritaskan barang-barang yang emang beneran penting dan bisa memberikan manfaat lama.

Jangan tergoda sama diskon-diskon menggiurkan atau godaan belanja tanpa pikir panjang. Dengan bikin daftar dan memprioritaskan, kamu bisa menghindarin pembelian yang enggak perlu dan hemat uang. Jadi, tetep fokus sama yang bener-bener penting aja, ya!

4. Alihkan Dengan Kegiatan yang Bermanfaat

halodoc.com

Ada banyak banget cara buat self reward tanpa harus keluarin duit. Coba ganti keinginanmu buat belanja dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya, keliling komplek perumahan naik sepeda, jalan-jalan di taman, berkebun, masak-masak, desain ulang kamar tidur, atau nongkrong bareng teman-teman. Kamu juga bisa dengerin musik favorit, atau bahkan tidur lebih awal, yang baik buat tubuh dan pikiran kita.

Intinya, self reward itu adalah cara kita menghargai diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental kita. Misalnya juga dengan tidur yang cukup, bangun pagi, makan makanan sehat, berolahraga, pakai skincare, dan lain sebagainya. Semua itu juga bisa jadi bentuk self reward yang oke dan worth it, kok!

Jadi, yuk coba kurangin kebiasaan boros berkedok self reward yang bisa merugikan keuangan kita. Jangan sampe kebablasan lagi ya! πŸ’°πŸ’ΈπŸ’³

Ananditha Nursyifa
Editor