Sebagai contoh lain, kamu pasti setuju kalau hang out sama teman-teman itu bisa jadi obat stres yang manjur. Kontak sosial itu penting banget, karena bisa ngalihin pikiran dari masalah yang lagi dihadapi. Selain itu, teman-teman juga bisa kasih dukungan dan bantuan buat kamu menanggapi masalah hidup.

swara.tunaiku

Nah, gak ada salahnya kok sesekali nongkrong di kafe favorit sambil asik ‘ngobrol gosip’ bareng teman-teman. Yang pentingnya adalah jangan terlalu sering nongkrong sambil ngopi atau makan, apalagi di kafe yang harganya lumayan mahal.

Kalau dompet kamu lagi tebel sih gapapa banget. Tapi masalahnya, kalau kamu memaksakan nongkrong terus sama teman padahal kondisi keuangan lagi ‘ngos-ngosan’, itu yang jadi masalah.

Masalah kamu sebelumnya belum beres, eh malah nambah masalah baru yang bikin kamu makin stress. Apalagi kalau kamu sampe harus minjem duit teman buat bayar makanan. Jadi lebih baik kamu stop dulu deh nongkrong sampai keuangan kamu udah stabil!

Terus, Gimana Cara Ngatasinnya?

Berikut ialah beberapa cara yang bisa kamu coba buat ngatasin atau setidaknya mengurangi pemborosan berkedok self reward :

1. Cari Tahu Alasan di Balik Self Reward

sehatq

Sebelum kamu memutusin buat ngeluarin uang buat kasih reward ke diri sendiri, sebaiknya kamu coba pahami dulu gimana suasana hati kamu. Jangan pernah nekat belanja kalo lagi mood-nya lagi jelek.

Yuk, renungin dulu alasan di balik kebiasaan self reward kamu. Mungkin itu karena bosan, stres, atau laginyari penghiburan? Nah, dengan paham alasan di balik itu, kamu bisa cari solusi yang lebih sehat buat atasin emosi tersebut.

Kalo dipaksain, kebanyakan kita bakal beli barang-barang yang sebenarnya enggak terlalu kita butuhin. Makanya, kamu harus bersabar dan nunggu dulu sampe suasana hati kamu membaik, biar pikiran kamu lebih jernih buat mikirin apa yang emang kamu beneran pengen sebagai reward buat jerih payah kamu selama ini.

2. Tentukan Batas Pengeluaran

Pexels.com
Ananditha Nursyifa
Editor