Prolite Pernah gak sih, kamu melakukan kesalahan yang benar-benar konyol, sampe bikin orang lain terkekeh? Yap, itu namanya blunder! Pasti udah gak asing lagi sama istilah yang satu ini kan?

Blunder itu kejadian atau tindakan yang salah, tapi bisa jadi lucu karena kebodohan atau ketidakhati-hatian kita. Ya pasti yang ngalamin blunder akhirnya malu banget sampe rasanya mau ilang aja dari bumi, hahaha!

Tapi gak usah khawatir di sini kita bakal bahas apa itu blunder, kenapa itu sering terjadi, dan tentunya, gimana cara mengatasinya biar kita nggak sering blunder lagi. So, stay tuned ya!

Pengertian Blunder

Cr. freepik

Istilah “blunder” berasal dari bahasa Inggris yang punya arti kesalahan fatal atau kesalahan yang besar. Atau bisa juga didefinisikan sebagai ‘an embarrassing mistake’ atau kesalahan yang memalukan.

Dalam KBBI, blunder diartikan sebagai kesalahan yang cukup serius sekaligus memalukan yang disebabkan oleh kebodohan, kelalaian, atau kecerobohan diri sendiri.

Biasanya ungkapan ini diberikan buat orang yang bertindak atau ngomong tanpa mikir panjang. Maksudnya, dia tuh kayak langsung aja ngelakuin atau ngomongin sesuatu tanpa dipikirin dulu akibatnya.

Dan hal ini bisa terjadi kapan aja, mulai dari situasi percakapan sehari-hari, ngurus tugas sekolah, sampe di dunia pekerjaan, bahkan saat kita lagi berinteraksi sama orang banyak.

Contohnya, kadang-kadang kita tanpa sengaja menyebut nama temen kita dengan nama yang salah, atau malah nyasar ngirim email ke orang yang ga seharusnya karena kita asal tekan tombol “kirim” aja. Kayaknya, tiap orang pasti pernah mengalaminya deh!

Jadi, Kenapa Orang Bisa Blunder?

Nah, beberapa alasannya bisa jadi karena:

1. Kurang Fokus

Cr. alodokter

Kadang-kadang kita suka terlalu banyak mikirin hal-hal yang ga penting atau bahkan ngayal terus. Pikiran kita jadi muter-muter jauh, dan ga jelas gitu kemana arahnya. Akibatnya, kita jadi kesulitan buat fokus pada hal-hal yang sebenernya harus kita lakuin. Misalnya, pas lagi kerja atau belajar, tiba-tiba kepikiran hal lain, jadi pekerjaan ga akan maksimal.

Ananditha Nursyifa
Editor