Perasaan negatif seperti dendam dan kebencian justru memperlambat proses penyembuhan diri. Alih-alih merasa lebih baik, kita terjebak dalam siklus emosi negatif.

Di sinilah letak masalahnya: saat kita berharap pada keburukan orang lain, kita justru membiarkan luka kita terus terbuka dan sulit untuk move on.

Pertumbuhan Diri: Balas Dendam Terbaik yang Sesungguhnya

Forgiveness Therapy
Balas dendam terbaik : Memaafkan dan mengikhlaskan – templeton

Nah, sekarang kita masuk ke bagian paling penting. Kalau balas dendam lewat penderitaan orang lain tidak membawa kepuasan yang langgeng, apa dong solusinya? Jawabannya: memaafkan, mengikhlaskan dan fokus pada pertumbuhan diri!

Memaafkan bukan berarti kita melupakan apa yang terjadi atau menganggap tindakan orang lain sebagai hal yang dapat diterima. Sebaliknya, memaafkan adalah keputusan untuk tidak membiarkan sakit hati itu terus mengganggu hidup kita.

Dengan memaafkan, kita melepaskan beban emosional yang mengikat kita pada masa lalu dan memberikan diri kita kesempatan untuk melanjutkan hidup dengan lebih ringan.

Mengikhlaskan juga merupakan langkah penting dalam proses penyembuhan. Ini adalah tentang menerima kenyataan bahwa kita tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi.

Mengikhlaskan membantu kita untuk tidak terjebak dalam siklus balas dendam yang hanya akan membawa lebih banyak rasa sakit dan ketidakpuasan.

Ketika kita mengikhlaskan, kita memberi diri kita ruang untuk bergerak maju tanpa terpengaruh oleh kepahitan.

Dan terakhir, fokus pada pertumbuhan diri. Daripada menghabiskan energi memikirkan bagaimana orang lain harus menderita, lebih baik kita mengalihkan perhatian untuk memperbaiki diri. Bahkan hal ini sudah dijelaskan dalam agama.

Menurut Ali bin Abi Thalib, “Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik”.

Pernyataan ini didasarkan pada perintah Allah kepada umat-Nya untuk membalas keburukan dengan kebaikan.

Ketika kita fokus pada pengembangan diri—baik itu secara mental, fisik, atau emosional—kita akan merasakan kepuasan yang lebih dalam dan berjangka panjang.

Balas dendam terbaik : Mencapai kesuksesan – unsplash.com/Scott Broome
Ananditha Nursyifa
Editor