Gen Z perlu tau penyebaran virus ini dapat melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI.

Namun ada catatan penting bahwa penderita HIV tidak akan bisa menularkan virus melalui udara, air, keringat, air mata, gigitan nyamuk, atau sentuhan fisik.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI terdapat lebih dari 50.000 kasus infeksi HIV di Indonesia. Dari jumlah tersebut, kasus HIV paling sering terjadi pada heteroseksual, diikuti lelaki seks lelaki (LSL) atau homoseksual, pengguna NAPZA suntik (penasun), dan pekerja seks.

Sementara itu, jumlah penderita AIDS di Indonesia cenderung meningkat. Tercatat ada lebih dari 7.000 penderita AIDS dengan angka kematian mencapai lebih dari 600 orang.

Apabila Gen Z merasakan gejala Kebanyakan penderita baru mengetahui dirinya tertular HIV setelah melakukan pemeriksaan akibat terkena penyakit parah yang disebabkan oleh melemahnya daya tahan tubuh.

Penyakit parah yang dimaksud antara lain diare kronis, pneumonia, penurunan berat badan secara drastis (cachexia), atau toksoplasmosis otak.

Rizki Oktaviani
Editor