Salah satu penyebab FOMO adalah gara-gara kita terlalu banyak ngegunain media sosial. Makin canggih teknologinya, makin gampang kita dapetin informasi dari mana-mana, misalnya lewat Instagram. Atau yang baru-baru ini aplikasi Threads yang lagi hits banget dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Nah banyak fitur-fitur yang keren dan canggih di dalam kedua aolikasi itu yang bisa buat kita sebagai penonton atau pembaca bisa ngerasa cemas terus bandingin hidup kita sama orang lain yang keliatannya lebih seru atau bahagia.

Coba Kita Kenalin Gejala-Gejala Yang Mungkin Muncul!

sampaijauh
  1. Selalu gak bisa lepas dari gadget. Kayaknya udah jadi kebiasaan banget. Bangun tidur langsung cek ponsel, bahkan sebelum tidur juga gak mau ketinggalan berita apa pun.
  2. Selalu pengen tahu gosip terbaru dan kepo banget sama hidupan orang lain. Kayak mau tau semua hal tentang mereka dan gak mau ketinggalan.
  3. Lebih peduli sama sosmed daripada kehidupan nyata. Ada keinginan yang kuat buat dikenal sama orang di dunia maya, jadi jadi gak bisa jauh dari sosmed.
  4. Uang sering keluar lebih banyak dari kemampuan karena beli barang yang sebenernya gak penting, cuma alasan biar gak ketinggalan trend.
  5. Suka ngomong “iya” walaupun sebenernya gak mau. Kadang ini terjadi karena takut ketinggalan apapun, jadi sering ngambil setiap ajakan, meskipun sebenernya gak menarik atau gak penting.

Efek Positif dan Negatif

Dalam beberapa kasus, sebenarnya FOMO bisa memiliki efek positifnya, tapi gak menutup kemungkinan kalau efek negatifnya terhadap kehidupan seseorang juga pasti ada.

Ayo, kita bahas yang positifnya dulu!

Escape
  1. FOMO bisa jadi motivasi buat kita buat nyoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman.
  2. Kalo kita liat orang lain lagi asyik ngelakuin hal menarik, kita bisa terinspirasi buat ikutan dan dapetin pengalaman yang sama.
  3. Bisa ngebakar semangat kompetitif yang sehat, yang bikin kita pengen naik level dan capai tujuan yang lebih gede.

Tentunya ada juga efek buruk yang harus diwaspadai!

babelinsight
  1. Kita bisa jadi kelelahan, stress, depresi, dan merasa terbebani buat selalu ikutan semua acara atau undangan, padahal kita udah kecapekan atau nggak tertarik.
  2. Kita jadi kurang bersyukur, lalai sama waktu dan rawan terkena penyakit hati.
  3. Fokus kita jadi kebanyakan sama apa yang orang lain lakuin, jadi kita lupa sama apa yang bener-bener penting buat hidup kita sendiri. Akibatnya, kita bisa melewatkan momen-momen berharga dengan orang-orang terdekat kita.

From FOMO to JOMO!

Canva Pro/ Ria Megasari

JOMO atau Joy of Missing Out, kamu tetep seneng meskipun tertinggal dan menikmati apa yang sedang kamu lakuin sekarang. Nah, gimana caranya biart kita JOMO?

Pertama, kita harus sadar kalau nggak mungkin banget ikutan semua hal dan acara yang ada di sekitar kita. Kita harus terima kalo kita punya keterbatasan waktu, energi, dan sumber daya lainnya. Fokus kita harus pada hal-hal yang bener-bener penting buat kita dan sesuai sama minat serta nilai-nilai kita.

Ananditha Nursyifa
Editor