– Pushups

– Deadlifts

3. Latihan Mind-Body

Ilustrasi seseorang yang sedang yoga – Freepik

Latihan Mind-Body adalah gabungan antara gerakan fisik dan fokus mental, yang berdampak pada peningkatan relaksasi dan pengurangan stres.

Latihan Mind-Body mencakup:

  1. Tai chi

Sebuah latihan ringan yang mengkombinasikan pernapasan terkendali dengan gerakan yang lambat dan alami. 

Ini melatih meditasi bergerak, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan sambil merangsang relaksasi dan mengurangi tingkat stres, yang mampu meningkatkan suasana hati.

  1. Yoga

Latihan ini mengintegrasikan postur tubuh, teknik pernapasan, dan meditasi untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. 

Gaya-gaya yoga yang halus seperti yin dan restoratif terbukti efektif dalam meningkatkan rasa relaksasi dan mengurangi stres.

  1. Pilates

Metode ini berfokus pada gerakan yang terkendali dan teknik pernapasan untuk meningkatkan stabilitas, kekuatan inti, dan keselarasan tubuh. 

Pilates juga meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kesadaran tubuh, dan mengurangi tingkat stres.

Bagi individu yang mengalami anemia, melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membawa sejumlah manfaat bagi aspek fisik dan psikologis, yang secara signifikan meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup, dan kesehatan Anda.

Selain itu, berolahraga juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental dengan mengurangi tingkat stres, meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan tingkat kepercayaan diri.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang unik, dan pendekatan terbaik dalam berolahraga yang berbeda-beda.

Dengan berbicara dengan profesional kesehatan, kamu dapat merancang rencana kebugaran yang aman dan bermanfaat untuk mengatasi anemia.

Ananditha Nursyifa
Editor