Prolite Berolahraga saat menghadapi anemia memang memerlukan perhatian khusus untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Jika seseorang mengalami anemia, yaitu kondisi kurangnya sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh, maka aktivitas fisik yang terlalu berat bisa meningkatkan kelelahan dan risiko komplikasi.

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi gejala anemia dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, penting untuk mengembangkan rutinitas olahraga yang sesuai dengan kebutuhan. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara aman dan efektif untuk berolahraga saat menghadapi anemia, serta memberikan tips untuk merancang rencana kebugaran yang sesuai.

3 Tips Berolahraga untuk Atasi Anemia

1. Low Impact Aerobic

Ilustrasi seseorang yang sedang jogging – Freepik

Latihan ini sangat cocok untuk individu yang menderita anemia. Aktivitas-aktivitas aerobik ini memungkinkan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot tanpa memberikan beban berlebih pada persendian. 

Selain itu, aktivitas-aktivitas ini juga berkontribusi pada peningkatan keseimbangan, koordinasi, dan kesehatan jantung.

Latihan kardio dengan low impact ini melibatkan:

– Berjalan santai

– Bersepeda

– Menari

– Berenang

Ananditha Nursyifa
Editor