Apakah kanker serviks dapat di cegah? Jawabannya ya. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah terkena kanker serviks yang dapat kamu lakukan:

  1. Melakukan Vaksinasi HPV

Dengan cara memberikan vaksinasi HPV maka akan mencegah terkena terinfeksi virus HPV. Pemberikan vaksi HPV biasa kepada remaja wanita usia 10-13 tahun atau bisa juga di berikan kepada wanita berusia 26 tahun atau sebelum aktif secara seksual. Jika sudah terinfeksi virus maka vaksin HPV tidak dapat mengobati infeksinya.

  1. Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan pap smear adalah pemeriksaan medis yang di lakukan untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini. Pemeriksaan ini di peruntukan untuk wanita yang telah aktif berhubungan seksual. Biasanya pemeriksaan pap smear dilakukan 3 tahun sekali dari usia 21-65 tahun.

  1. Melakukan Hubungan Seksual yang Aman dan Sehat

Seperti yang di jelaskan di awal bahwa terkenanya virus HPV salah satunya karena kontak seks. Berhubungan seks dengan berganti-ganti pasangan bahkan tidak menggunakan kondom sebagai pengaman, maka itu yang akan beresiko tinggi terkena virus HPV.

Untuk pencegahan maka sebaiknya periksakan secara rutin ke dokte. Bahkan jika ada gejala yang aneh seperti keluhan rasa sakit saat berhubungan seks, keluar darah mens yang berlebih atau munculnya pendarahan setelah melakukan hubungan seks maka segera pergi untuk memeriksakan ke dokter.

Rizki Oktaviani
Editor