Jika kamu melewatkan konsumsi kafein di pagi hari, untuk beberapa orang akan merasakan detak jantung yang bertambah cepat.

Jika kamu berusaha untuk berhenti mengonsumsi kafein maka tubuh akan mengalami penurunan tekanan darah. Ketika tekanan darah turun maka akan merasakan pusing, ketidakseimbangan, kelemahan atau bahkan kelelahan.

  1. Suhu Tubuh Meningkat
Freepik.com

Jika kita sudah benar-benar sudah kecanduan kafein maka ketika tubuh tidak mengonsumsi kafein, maka akan menyebabkan fluktuasi suhu tubuh secara tiba-tiba.

Jadi anda akan merasakan kedinginan meskipun suhu di ruangan kamu tetap di atur pada suhu yang sama. Adapun kasus yang lebih parah jika kita menghentikan konsumsi kafein yakni munculnya keringat dingin. Hal ini terjadi  karena ketiadaan kafein dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di ekstremitas.

  1. Tidur Tidak Nyenyak
Doktersehat.com

Jika waktu tidur anda terganggu bisa jadi penyebabnya adalah asupan kafein secara keseluruhan.

Kafein juga memblokir reseptor adenosin yang sangat penting dalam memicu kelelahan dan tidur. Jadi, peminum kopi sering kali merasa tidak terlalu lelah, lebih berenergi, dan lebih waspada. Bahkan jika kamu mengonsumsi kafein secara berlebih maka dapat menyebabkan insomnia.

 

Rizki Oktaviani
Editor