Prolite Penjelajah bulan Chandrayaan-3 India telah keluar dari pesawat ruang angkasa pada Kamis pagi, 24 Agustus 2023, guna memulai misi eksplorasi permukaan bulan.

Hal ini diumumkan oleh badan antariksa negara India melalui platform pesan X. Chandrayaan-3 India adalah misi yang dilakukan oleh Indian Space Research Organization (ISRO) sebagai kelanjutan dari misi sebelumnya, Chandrayaan-2.

Pada rabu malam, pesawat luar angkasa tersebut mendarat di kutub selatan bulan yang belum pernah dijelajahi.

Hanya beberapa hari setelah misi Luna-25 milik Rusia mengalami kegagalan. Hal ini menjadikan India sebagai negara pertama yang mencapai prestasi ini.

Indian Space Research Organization (ISRO) mengumumkan pencapaian ini dengan bangga, menyatakan, “Penjelajah Chandrayaan-3 India turun dari Pendarat dan India berjalan-jalan di bulan!”

Misi ini dijalankan dengan anggaran sekitar 6,15 miliar rupee India (sekitar $74,58 juta), dan merupakan upaya kedua India untuk mendarat di bulan.

Misi sebelumnya, Chandrayaan-2 pada tahun 2019, berhasil mengorbitkan satelit tetapi pendaratnya mengalami kegagalan dalam proses pendaratan.

Misi Penjelajahan Bulan Chandrayaan-3 India

lustrasi Chandrayaan-3 India – Cr. indiatoday
Ananditha Nursyifa
Editor