Prolite Lagi punya masalah sama asam urat sampe bikin aktivitas kamu terhambat? Gak usah galau terus, kita punya kabar baik nih buat kamu!

Tau gak, ada beberapa ramuan herbal yang bisa bikin asam uratmu melayang tinggi, dan yang paling penting, ini minim efek samping, lho!

Siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya asam urat? Pasti pernah denger, kan? Asam urat emang bisa jadi masalah serius. Nggak cuman bikin sendi ngilu-ngilu dan susah bergerak, tapi juga bisa nyebabin berbagai masalah kesehatan lain.

Nah, sekarang, mari kita eksplorasi 4 ramuan herbal keren yang bisa jadi solusi untuk kamu yang lagi berjuang melawan asam urat ini. Siap? Yuk, kita bahas satu per satu! 🌿πŸ’ͺ

4 Ramuan Herbal yang Bisa Atasi Asam Urat

1. Daun Salam (Syzygium polyanthum)

Daun Salam – Cr. iStock

Nah, kamu pasti tau kan daun salam? Selain jadi bumbu masakan, daun salam juga bisa jadi senjata ampuh buat lawanin asam urat.

Daun salam punya kandungan keren, kayak vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang bisa bantu meredain peradangan dan nyeri akibat asam urat, lho!

Meskipun katanya bisa jadi obat buat asam urat, tapi jangan asal-asalan ngonsumsinya, ya. Buat bikin ramuannya cukup siapin 10-25 lembar daun salam sama tiga gelas air.

Pertama, cuci daun salam pake air sampai bersih, terus rebus pake air mendidih sampe tinggal satu gelas aja. Nah, air rebusannya dipecah jadi dua, minum dua kali sehari.

2. Nanas dan Jahe

Nanas dan Jahe – Cr. house-foods

Lanjut ke ramuan asam urat berikutnya yang menggunakan nanas dan jahe. Nah, nanas ini punya bromelain yang bisa ngurangin protein penyebab naiknya kadar asam urat.

Selain itu, nanas juga punya sifat anti-inflamasi yang bisa bantu mereduksi peradangan. Nah, jahe juga nggak mau kalah, dia punya efek farmakologis anti-inflamasi juga.

Ananditha Nursyifa
Editor