Prolite – Kalian pernah gak sih pilek gak sembuh-sembuh, hidung mampet sampe bikin kepala sakit? Nah, itu bisa jadi tandanya kamu lagi mengidap sinusitis, loh!

Kondisi ini emang umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau alergi. Tapi, kalau gejalanya berlangsung dalam waktu yang lama dan makin parah, mungkin kamu ngalamin sinusitis. Dan tahukah kamu bahwa sinusitis bisa berhubungan dengan asam lambung kronis? Mari kita bahas lebih lanjut!

Sinuitis Itu Apa Sih?

Sinusitis
id.quora.com

Sinusitis adalah kondisi di mana sinus-sinus yang terletak di sekitar hidung dan mata yang ngalamin peradangan atau infeksi. Gejala yang sering terjadi antara lain hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri wajah, batuk, dan bahkan demam. Penyebab umum sinusitis adalah infeksi virus atau bakteri, jamur, alergi, atau polip hidung.

Hubungan Antara Sinusitis dan GERD

pediatricpulmonologist

Ada penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara sinus dan asam lambung kronis. Asam lambung kronis, atau gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan secara berulang.

Jadi kalau kamu kena GERD, cairan asam dari perutmu bisa naik sampe ke hidung dan tenggorokan. Lalu, bikin selaput lendir di hidung dan tenggorokan ikutan ketemu asam dari perut, dan ini bakal mempengaruhi fungsinya. Kondisi tersebut bisa menyebabkan radang mukosa nasofaring, dan pembengkakan di lokasi ini menghalangi bukaan sinus, sehingga menyebabkan sinusitis deh.

Ananditha Nursyifa
Editor