Tips Aman Melintasi Jalan Aspal Berkerikil

Prolite Jalan Aspal di Indonesia memiliki jenis dan kontur yang beragam. Di perkotaan, umumnya jalanan sudah dilapisi aspal yang mulus, sehingga berkendara, terutama menggunakan sepeda motor, menjadi lebih aman dan nyaman. Namun, tidak semua daerah memiliki fasilitas jalan yang sepenuhnya baik. Di beberapa titik, masih terdapat kendala seperti jalan berlubang, genangan air, dan kerikil di jalan aspal yang sering menjadi penyebab kecelakaan, terutama di area tikungan.

Kerikil atau pasir di atas permukaan jalan aspal dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aspal yang rusak, partikel pasir dari pinggir jalan yang terbawa air hujan, atau tumpahan material dari kendaraan pengangkut bahan bangunan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, menjelaskan agar pengendara selalu berkonsentrasi dan fokus saat mengendarai sepeda motor, serta tetap waspada terhadap potensi bahaya di berbagai kondisi permukaan jalan.

“Terkait permukaan jalan yang dilalui, pengendara motor harus menerapkan metode prediksi bahaya. Ini berarti pengendara tidak hanya memperhatikan situasi di depan roda, tetapi juga memperhatikan jauh ke depan untuk mengantisipasi kondisi jalan (seperti jalan berpasir atau berlubang). Dengan demikian, pada kecepatan tinggi, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan,” jelasnya.

Rizki Oktaviani
Editor