Prolite Setiap hari, rambut kita selalu terpapar oleh berbagai hal yang dapat merusaknya. Rambut rusak dapat terjadi karena gesekan, panas, ataupun bahan kimia yang menyerang lapisan terluar rambut kita.

Lapisan terluar rambut, atau kutikula, jika mengalami keretakan dan terbuka, akan menyebabkan rambut menjadi kering, kusut, kusam, rapuh, dan lebih mudah patah.

Apa penyebab rambut rusak? Salah satunya adalah bahan kimia. Kok bisa? Menata rambut dengan berbagai produk kimia memang dapat membantu mempercantik penampilan kita dalam sekejap.

Perawatan rambut berbahan keras.
Perawatan rambut berbahan keras – Freepik

Pewarna rambut, pelurus, dan pengeriting rambut memang memberikan hasil yang menakjubkan. Tapi hati-hati, karena penggunaan bahan-bahan kimia ini seiring waktu dapat merusak struktur rambut.

Bahan kimia yang keras bisa mengikis dan melemahkan kutikula, sehingga rambut kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan.

Nah, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas bagaimana bahan kimia bisa membuat rambut rusak dan apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi mahkota kita dari kerusakan. Yuk, simak lebih lanjut agar rambutmu tetap sehat dan indah!

3 Bahan Kimia Penyebab Rambut Rusak

  1. Hair Colour dan Bleaching

ilustrasi wanita yang mewarnai rambut di salon – Freepik
Ananditha Nursyifa
Editor