Kita akan membahas jenis-jenis parfum yang sesuai kebutuhan dan kepribadian kamu sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan pesonamu dengan aroma yang menawan.

Siap tampil lebih percaya diri? Yuk, simak artikel ini!

Jenis Parfum Berdasarkan Konsentrasi Aroma

ilustrasi berbagai jenis parfum – Freepik
  • Extrait de Parfume

Si paling tahan lama dengan konsentrasi aroma 34%-45%. Wanginya kuat dan mewah, cocok buat acara spesial kayak pernikahan atau pesta. Tapi hati-hati buat yang sensitif sama aroma, karena Extrait de Parfum bisa bikin pusing. Contohnya Chanel No. 5 dan Dior J’adore.

  • Parfum

Nyaris sekuat Extrait de Parfum, konsentrasinya 25%-35%. Cocok buat acara spesial juga, tapi awas jangan sampe ganggu orang lain! Contohnya Paco Rabanne 1 Million Lucky dan Lancôme La Vie Est Belle.

  • Eau de Parfum (EDP)

Favorit banyak orang! Konsentrasinya 15%-25%, tahan seharian, dan aromanya lebih lembut dibandingkan Extrait de Parfum dan Parfum. Cocok buat aktivitas sehari-hari kayak kerja, kuliah, atau hangout. Contohnya Black Opium by Yves Saint Laurent dan Gucci Guilty Pour Homme.

  • Eau de Toilette (EDT)

Lebih ringan dari EDP, konsentrasinya 5%-15%. Cocok buat aktivitas sehari-hari yang santai kayak di rumah atau jalan-jalan ke taman. Contohnya Davidoff Cool Water dan Bvlgari Aqva Marine.

  • Eau de Cologne

Si paling ringan dengan konsentrasi 2%-4%. Harganya murah, tapi wanginya cepet hilang. Cocok buat aktivitas singkat kayak olahraga atau pergi ke supermarket. Contohnya 4711 Acqua Colonia dan Crabtree & Evelyn West Indies Lime Cologne.

  • Eau Fraiche

Segarkan diri seharian dengan Eau Fraiche! Konsentrasinya 1%-3%, uniknya pakai air sebagai campuran. Cocok buat musim panas atau aktivitas outdoor. Contohnya Clinique Happy dan The Body Shop British Rose.

  • Eau de Senteur

Jarang didengar, tapi aman buat anak-anak dan bayi. Konsentrasinya rendah, wanginya pun lembut dan segar. Cocok buat aktivitas sehari-hari anak-anak. Contohnya Johnson’s Baby Cologne dan Zwitsal Baby Cologne.

  • Splash dan Aftershave

Buat pria setelah bercukur. Mengandung alkohol yang mengecilkan pori-pori dan bikin kulit segar. Cocok buat setelah beraktivitas atau sebelum pergi. Contohnya Aqua Velva dan Old Spice Classic After Shave.

Ananditha Nursyifa
Editor