2. Sebelum menarik gas, tarik tuas kopling yang dilanjutkan dengan menginjak tuas transmisi ke arah depan untuk memasukan gigi satu. Barulah putar gas sampai motor berjalan mulus sambil melepas tuas kopling secara perlahan.

3. Untuk menghindari kesalahan, pengendara harus tahu jika rotasi transmisi manual sepeda motor yang menggunakan kopling adalah gigi satu dengan menginjak tuas bagian depan, dan untuk menaikan ke gigi selanjutnya menuju gigi dua, tiga dan seterusnya adalah dengan menarik atau mengangkat tuas transmisi ke atas. Dan sebaliknya, untuk menurunkan adalah dengan menginjak tuas transmisi ke arah depan.

4. Supaya sepeda motor melaju dengan baik, naikan gigi ketika putaran mesin sudah menyentuh limit(bisa dilihat pada indikator rpm meter di panel speedometer). Kemudian turunkan gigi secara bertahap, jika kondisi motor sudah melambat.

Yang harus diperhatikan adalah, jari tangan usahakan tidak standby di tuas kopling, jari tangan digunakan hanya ketika menarik kopling dan keadaan tertentu atau hanya ketika melakukan menaikan dan menurunkan gigi saja atau pada saat menghentikan sepeda motor.

Rizki Oktaviani
Editor