Teknik membersihkan wajah ini melibatkan dua langkah utama yang simpel namun efektif. Langkah pertama adalah menggunakan produk pembersih wajah berbasis minyak seperti cleansing oil, milk cleanser, atau micellar water. Produk-produk ini ampuh membersihkan sisa make-up dan physical sunscreen karena larut dalam minyak.

Langkah kedua melibatkan penggunaan facial wash berbasis air. Facial wash ini berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran lain yang masih menempel di kulit wajah setelah langkah pertama. Dengan dua langkah ini, kulit wajahmu akan terasa lebih bersih dan segar.

Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi wanita dengan kulit wajah yang bersih dan sehat – Freepik
  1. Memastikan Wajah Bersih Optimal : Dengan teknik ini, kamu dapat memastikan kulit wajahmu benar-benar bersih dari semua kotoran yang menempel, termasuk sisa make-up yang sulit dibersihkan hanya dengan facial wash biasa. Dengan dua langkah pembersihan ini, tidak ada lagi residu yang tertinggal di kulit wajahmu, sehingga wajah terasa lebih segar dan bersih.
  2. Membersihkan Ekstra Minyak di Wajah : Bagi yang memiliki kulit berminyak, ini dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah. Prinsip kimia bahwa minyak dapat larut dalam minyak membuat langkah pertama dengan produk berbasis minyak sangat efektif dalam mengangkat kelebihan minyak dan sebum di kulit.
  3. Meningkatkan Penyerapan Produk Skincare : Dengan wajah yang bersih optimal, produk skincare yang kamu gunakan dapat diserap dengan baik oleh kulit. Ini memungkinkan produk seperti toner, serum, pelembap, dan sunscreen bekerja lebih efektif dalam merawat kulit wajahmu. Kulit yang benar-benar bersih memudahkan bahan aktif dalam skincare menembus lapisan kulit dan memberikan manfaat maksimal.
Ilustrasi wanita dengan kulit wajah yang bersih dan sehat – Freepik

Meskipun double cleansing sangat bermanfaat, perlu diingat bahwa tidak perlu dilakukan setiap hari. Double cleansing diperlukan terutama saat menggunakan produk makeup, physical sunscreen, atau saat kulit wajah sangat berminyak.

Jika kamu tidak menggunakan produk makeup dan memilih chemical sunscreen, atau jika produksi minyak di wajahmu normal, cukup membersihkan wajah dengan facial wash saja sudah cukup.

Ananditha Nursyifa
Editor